MOHON MAAF atas ketidaknyamanan Anda, Halaman ini sedang dalam perbaikan
Terima Kasih.

:: Admin

VIRUS KOMPUTER MULAI HANTUI SMARTPHONE

November 29, 2009 Diposting oleh Eko Diliyanto Lewi

Rabu, 18 November 2009 - 11:29 wib
Mobile Internet Device 
TORONTO - Produsen Balckberry Research in Motion mengatakan, sebuah smartphone bisa dijadikan sebagai alat untuk melancarkan serangan dari hacker yang mengincar jaringan selular.

"Hacker dapat menggunakan smartphone untuk menyerang jaringan selular, dengan menggunakan teknik sama yang digunakan untuk memperlambat trafik internet," ujar Vice President Blackberry Security Scott Totzke, seperti dikutip melalui Reuters, Rabu (18/11/2009).

Teknik itu biasa disebut dengan distributed denial of services, atau DDOS Attack, di mana para hacker menggunakan sinyal ponsel untuk membuat puluhan ribu komputer memasuki situs yang 'sedang dikerjai' secara bersamaan, sehingga mengakibatkan situs lambat diakses, bahkan cenderung menjadi 'crash'.

Menurut Totzke, teknik yang mlibatkan paket data ini secara tidak langsung  akan melemahkan jaringan selular, meski yang diincar hanyalah sebagian kecil smartphone yang ada di dunia.

"Namun software berbahaya juga dapat digunakan untuk melancarkan serangan ini, dan biasanya datang dari aplikasi smartphone yang diinstal pengguna ke dalam perangkat mereka," ujar CTO Flexilis, produsen software keamanan, Kevin Mahaffey.

Menurut Mahaffey, penelitit Flexilis telah dapat mengidentifikasi beberapa virus yang baru-baru ini muncul dalam aplikasi smartphone, seperti Google Maps dan beberapa permainan komputer.

"Smartphone kini tidak lagi sebuah ponsel, melainkan sebuah komputer. Nantinya, semua masalah yang ada dalam komputer akan dialami juga di smartphone," ujar Mahaffey.

Cara terbaik untuk melindungi perangkat smartphone kesayangan kita itu, tambah Mahaffey, adalah dengan membenamkan aplikasi keamanan yang terpercaya secara reguler.
Label:

Posting Komentar